Wednesday, October 14, 2009

Kopi tanpa Gula dan Susu

Saya mau menceritakan suatu kejadian yang menarik yang pernah saya alami. Kejadian ini waktu saya jaga siang di UGD. Waktu itu datang seorang pasien ibu-ibu sekitar umur 40 tahun datang dengan tangan dibungkus oleh kain dan tampak berdarah-darah, sebelum ke tempat tindakan saya mulai bertanya kenapa dan si pasien bilang kena iris pisau. Perawat saya pun kemudian membuka luka tersebut dan tenyata luka tadi itu sudah tertutup oleh bubuk kopi. Entah kenapa disini kuat sekali kepercayaan bahwa jika terkena luka maka pertolongan pertamanya adalah kopi, saya tidak tahu ditempat lain demikian atau tidak, kadang ada juga beberapa yang malah dibalur dengan oli mesin untuk menghentikan perdarahan.. ckckck luarr biasa. Kembali ke cerita tadi, sambil jengkel si perawat membersihkan bubuk kopi di luka tangan pasien itu, karena banyak dan tentunya merepotkan pekerjaan membersihkan luka. Dengan menggerutu si perawat bilang " Ibu, ini kenapa gak sekalian aja ditambah gula, susu, ama air panas???", kemudian si ibu menjawab dengan enteng : "Justru itu saya gak punya dek, gula ama susu mahal, dirumah yang ada cuma kopi aja..."

No comments:

Post a Comment