Wednesday, July 1, 2009

Tanjung Balai Karimun...


Tanjung Balai Karimun... Begitulah orang-orang daerah sini menyebutnya.. Tapi sebetulnya sekarang namanya Kabupaten Karimun. Berada di Pulau Karimun Propinsi Kepulauan Riau, pulau ini terletak sebelah Barat Pulau Batam sekitar 1 jam perjalanan laut menggunakan ferry atau kerennya sebelah Barat Daya Singapore dan Johor Malaysia. Ya begitulah, Pulau ini merupakan pulau perbatasan Indonesia dengan perairan Singapore dan Malaysia. Kembali ke Tanjung Balai, ternyata Tanjung Balai adalah nama daerah di pulau ini, tepatnya tempat pelabuhan laut berada sejak jaman dahulu. Sekarang Tanjung Balai merupakan nama Kelurahan di daerah tersebut, tapi orang orang penduduk sini bilang daerah ini adalah TBK atau Tanjung Balai Karimun atau biasanya bilang "Balai" saja, mungkin para pendatang saja seperti saya yang bilang daerah ini adalah Karimun, saya ingin menyebut yang benar secara administratif aja karena saya memang tinggal di Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun :)
Kenapa saya cerita tentang yang gak penting ini?? ya, Shakespeare (kalo gak salah tulis ya) bilang "apalah arti sebuah nama" tapi kalo menurut saya ini lumayan penting karena para pembaca akan bingung tentang Tanjung Balai Karimun dan Karimun ini, saya akan bercerita tentang Pulau atau Kabupaten ini... Karena Tempat ini menyimpan banyak kenangan...

"Tak Kenal maka Tak Sayang.. Pepatah Melayu"

1 comment:

  1. Saya juga pernah tinggal lama di Tg. Balai Karimun bersama keluarga...selama 20 tahun...dari SD sampai SMA...banyak kenangan yang indah disana...dan juga sebetulnya banyak tempat2 yang indah di TBK...sperti pantai pongkar,pantai balai (dekat rumah saya dulu),dan apalagi ya???saya dah lupa juga...hehehehe..by the way nice if sombedy write about this island...

    ReplyDelete